Powered By Blogger

Tuesday, June 23, 2020

Resume Kuliah Online Senin, 22 Juni 2020 Mahayu Solina Yuda

Resume Kuliah Online

Senin, 22 Juni 2020

Mahayu Solina Yuda

 

AUTENTISITAS DALAM MENULIS

            Narasumber pada malam ini adalah Bapak Agus Sampurno. Beliau mengawali  kuliah dengan melakukan sesuatu yang sangat menyenangkan, yaitu bermain Quiziz. Permainan tersebut sangat mendebarkan, apalagi diikuti peristiwa hilang sinyal pada banyak peserta. Namun itu tidak  mengurangi keasyikan bermain, karena setiap peserta mendapat hasil yang beragam. Saya sendiri hanya mendapat nilai 75%. Tapi itu tidak mengurangi semangat saya untuk mengerjakan tugas yang beliau berikan selanjutnya. Membuat sebuah tulisan dengan pilihan judul:

1. 3 Hal manfaat dari Kegiatan Belajar Menulis

2. Cara Guru Tetap Optimis di Era New Normal

3. Salahpaham Guru Kegiatan Pembelajaran

4. Cara Mudah Guru Memberikan Kedisiplinan

5. Resep Sukses Guru Yang Pendiam Dalam Mengelolah Kelas

Judul – judul di atas sangat menarik, saya jadi bingung harus memilih. Kemudian, saya putuskan untuk memilih opsi yang pertama, karena saya sendiri merasakan manfaat dari Kegiatan Belajar Menulis ini.

            Selama mengikuti Kegiatan Belajar Menulis, saya merasakan banyak sekali manfaat. Sebenarnya tidak cukup hanya tiga, tapi saya akan berusaha meringkasnya cukup menjadi tiga. Bapak Agus Sampurno juga mengatakan pentingnya memiliki personal branding dalam menulis. Hal itu diperlukan untuk menarik minat pembaca dan membuat mereka tertarik dengan apa yang kita tulis. Saya setuju dengan pendapat tersebut. Menurut saya, memiliki personal branding artinya menjaga autentisitas kita dalam menulis. Ada banyak penulis luar biasa di luar sana, tapi yang memiliki autentisitas dalam menulislah yang mendapat tempat di hati para pembacanya.

Dari pertemuan kali ini, saya mendapat pelajaran yang sangat berharga. Tulislah apa yang benar – benar menjadi kesukaan anda. Tidak perlu memaksakan diri untuk menulis hanya agar dikagumi publik. Setiap orang memiliki ketertarikannya masing – masing. Jika anda menjadi pribadi yang autentik, maka tulisan andapun akan dibaca oleh orang – orang yang tulus menyukai tulisan anda.


2 comments:

  1. Betul banget tuuuuh mantuuul tulisannya ttg manfaat menulis

    ReplyDelete
  2. Tiap orang punya khas sendiri...tak perlu jd orang lain...tp menulis n membaca haruslah sebanding...mantabz

    ReplyDelete