Powered By Blogger

Thursday, June 25, 2020

Resume Kuliah Online Rabu, 24 Juni 2020 Mahayu Solina Yuda

Resume Kuliah Online

Rabu, 24 Juni 2020

Mahayu Solina Yuda

 

            Materi dan pemateri pada hari ini sangat menarik. Narasumber kuliah kali ini adalah Bapak Dedi Dwitagama. Seorang guru Matematika di SMKN 50 Jakarta yang aktif menulis di blog sejak tahun 2005. Beliau mendokumentasikan perjalanan beliau dari Sabang sampai Merauke dan beberapa negara di sebuah blog. Hal itu sangat luar biasa menurut saya, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bepergian ke berbagai tempat yang disukainya. Saya benar – benar terinspirasi oleh beliau.

            Beliau mengawali kuliahnya dengan memberi informasi tentang blog. Media blog adalah media menulis yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum diakusisi oleh Google pada tahun 2002. Pak Dedi mengawali kegiatan menulisnya di blog pada tahun 2005 sebelum akhirnya hijrah ke Wordpress pada tahun 2007. Dalam 13 tahun, Pak Dedi telah menulis lebih dari 4100 artikel, dilihat hampir 2 juta kali dengan pengunjung hampir 600.000. Sungguh luar biasa. Beliau merasakan banyak manfaat dari blog yang beliau kelola. Diantaranya: Sebagai media untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide – ide, keresahan, atau apapun yang bisa disampaikan secara lisan atau hal yang tidak bisa disampaikan kepada siapapun. Selain, aktif ngeblog, beliau juga gemar akan fotografi. Hasil dokumentasi foto beliau bisa dilihat di https://fotodedi.wordpress.com.

            Dari kuliah malam ini, saya bisa belajar bahwa kita bisa mengekspresikan segala ide, pemikiran, keresahan, dan kritik dengan cara yang sehat. Menulis di blog, fotografi, melukis, atau apapun yang menjadi ketertarikan kita. Hal itu mungkin terasa kecil, tapi bukankah hal – hal besar di dunia dimulai dari hal yang kecil?  Dengan mengekspresikan diri dengan cara yang benar, maka kita akan menjadi pribadi yang lebih baik, berpikiran terbuka, dan empatik. Jika kita mampu seperti itu, saya yakin, dunia akan menjadi tempat yang lebih indah untuk dihuni.   

 


7 comments: