Powered By Blogger

Tuesday, June 16, 2020

Resume Kuliah Online Senin, 15 Juni 2020 Mahayu Solina Yuda

Resume Kuliah Online

Senin, 15 Juni 2020

Mahayu Solina Yuda

 

                Kuliah online hari ini diisi oleh seorang narasumber yang luar biasa bernama Raimundus. Brian Prasetyawan. Beliau adalah seorang guru SD yang aktif ngeblog sejak tahun 2009. Tidak hanya itu, karya – karya beliau telah dimuat dalam bentuk buku dan puluhan media cetak. Meski telah menelurkan banyak karya – karya yang luar biasa, beliau adalah sosok yang rendah hati.

            Beliau terus mengasah kemampuan menulisnya dengan bergabung dengan grup belajar Omjay. Dari situlah, Pak Brian tergerak untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang mengalami kesulitan dalam menulis di blog. Alasan beliau bersedia membantu para guru adalah agar memiliki banyak teman – teman blogger dan berbagi pengalaman. Sampai sekarang, beliau telah aktif di dunia blog selama 11 tahun. Beliau juga mengatakan bahwa motivasi menjadi faktor penting dalam menjaga eksistensi kita blog. Ada dua macam motivasi yang beliau sampaikan, yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Seorang blogger, seharusnya tidak terjebak dalam motivasi yang berorientasi pada hasil. Jika kita hanya berorientasi pada hasil dan adsense, maka kita akan mudah meninggalkan dunia blog.

            Ada beberapa hambatan yang dihadapi seseorang dalam menulis. Pertama, kurangnya ide dalam menulis. Jujur, hambatan ini sangat saya rasakan. Baru menulis beberapa saat, lalu kehilangan ide. Pak Brian mengatakan bahwa kita tidak perlu menunggu kejadian hebat atau luar biasa agar terinspirasi menulis. Sebagai seorang guru, kejadian sehari – haripun bisa menjadi bahan tulisan yang menarik. Kedua, kebingungan memilih antara Blogger dan Wordpress sebagai media menulis. Menurut Pak Brian, semua itu tergantung selera masing – masing. Tidak ada jawaban yang objektif untuk hal tersebut. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan menulis secara konsisten. Ketiga, teknis penggunaan blog. Seorang penulis harus bisa beradaptasi dengan tampilan blog yang kerap berubah agar tidak menganggu konsistensi kita dalam menulis.

            Di akhir materi, Pak Brian berbagi berbagai tulisan beliau yang dimuat dalam blog serta dua buku tentang blog. Dalam waktu dekat, beliau akan “menerbangkan pesawatnya” yang berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari”. Saya sangat senang dengan berbagai hal yang beliau bagi karena sangat menyentuh kehidupan saya sebagai seorang guru.


3 comments: