Powered By Blogger

Thursday, June 18, 2020

Resume Kuliah Online Rabu, 17 Juni 2020

Resume Kuliah Online

Rabu, 17 Juni 2020

Mahayu Solina Yuda

 

                 Kuliah online pada hari Rabu, 17 Juni 2020, diisi oleh seorang narasumber guru yang bernama Teresia Sri Rahayu, S. Pd SD. Beliau akrab disapa Ibu Tere. Mengawali kuliahnya, Ibu Tere menceritakan pengalaman pertamanya membuat resume. Pada bulan Februari lalu, beliau melihat postingan seorang teman di Facebook tentang kegiatan belajar menulis bersama Omjay. Beliau kemudian tertarik dengan kegiatan tersebut lalu bergabung dengan grup Belajar Menulis Gelombang 4. Ibu Tere mengatakan pada awal kegiatan di WAG (Whatsapp Group), beliau merasa bingung tentang bagaimana cara membuat resume. Beliau kemudian mencari referensi tentang bagaimana cara membuat resume. Bahkan Omjay sempat membantu memberi referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis dari gelombang sebelumnya.

                 Di awal membuat resume, Ibu Tere mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun hasilnya tidak seperti yang beliau harapkan. Atas saran Omjay, beliau lalu melakukan blog walking, Hasilnya, ide – ide mengalir lancar, dan beliau menemukan gaya menulisnya sendiri. Hal itu membuat kepercayaan diri Ibu Tere untuk menulis resume semakin besar. Blog yang beliau kelola dikunjungi dan dikomentari ribuan pengunjung.

                 Ibu Tere juga menceritakan pengalamannya selama bergabung dengan kelompok menulis bersama Omjay.  Suatu saat, salah satu narasumber saat itu, Ibu Lilis Sutikno – seorang guru PPKn – di salah  satu SMA di Kupang NTT, memberikan tantangan untuk mengikuti lomba menulis resume dengan cepat. Bagi yang tercepat, maka akan mendpatkan hadiah dari beliau. Saat itu kondisi di daerah Ibu Tere sedang mati lampu. Beliau harus berjuang untuk bisa terus menulis resume smpai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 WITA. Beliau pun langsung membagikannya di laman Facebook Ibu Lilis. Esoknya , beliau mengontak Ibu Tere dan menyatakan bahwa Ibu Tere termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau. Ibu Tere tentu saja sangat senang.

                 Pengalaman tersebut akhirnya memotivasi beliau untuk meningkatkan prestasinya. Beliau telah mendapat banyak penghargaan dari resume yang telah ditulisnya. Penghargaan terkini yang beliau terima adalah sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta. Ibu Tere setuju dengan apa yang dikatakan Omjay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya", sebab beliau telah mendapat banyak manfaat dan pencapaian luar biasa dari kegiatan menulis.

                 Mengakhiri kuliahnya, Ibu Tere membagikan tips menulis resume dengan baik. Diantaranya:

1.    Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2.    Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri.

3.    Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat.  

4.    Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume

5.    Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca

memahami struktur tulisan.

6.    Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bukan krn sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dengan sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dari orang lain / blogger yg lain.

- Menentukan judul resume yg wow

       - Mencari referensi terkait topik

- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita.

-Melakukan editing sederhana (PUEBI)

7.    Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjdi lebih baik daripada peresume yg lain. Caranya: stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8.    Gunakan aplikasi atau alat – alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text untuk mengubahnya menjadi text.

9.    Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.


5 comments: