Powered By Blogger

Sunday, June 21, 2020

Resume Kuliah Online Jum’at, 19 Juni 2020 Mahayu Solina Yuda

Resume Kuliah Online

Jum’at, 19 Juni 2020

Mahayu Solina Yuda

 

            Senang. Itulah yang saya rasakan pada kuliah online hari Jum’at, 19 Juni 2020. Bagaimana tidak? Narasumber pada hari ini sungguh luar biasa. Beliau adalah Ibu Siska Distiana. Belau lahir di Klaten pada tanggal 12 Desember 1985. Meski selang usia kami hanya berjarak setahun, namun saya sungguh kagum dengan pengalaman dan pengetahuan beliau. Setelah beliau menamatkan pendidikannya di Universitas Jenderal Soedirman, Purwekerto, jurusan Ilmu Komunikasi pada tahun 2008, banyak sudah pengalaman kerja beliau. Ibu Siska juga aktif sebagai Staf Fundraising Griya Zakat Dompet Dhuafa.

            Dalam kuliahnya, Ibu Siska memaparkan tentang Ragam Non – fiksi. Ragam Non – fiksi, dibagi menjadi lima bagian, antara lain:

1.Berita : Cerita atau keterangan mrngenai kejadian atau peristiwa hangat. 

2.Essay:   Karangan prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Sering juga disebut opini. 

3. Catatan Perjalanan: Tulisan tentang sebuah proses perjalanan atau ulasan tentang apavysng ditemui dalam perjalanan tersebut. 

4.Artikel Informatif: Tulisan berisi tentang suatu hal tujuannya untuk menambah pengetahuan

5.Best Pratice: Tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan permasalahan. Biasanya fibuat oleh pendidik atau mereka yang terlibat di dunia pendidikan. 

 

            Informasi yang diberikan Ibu Siska sungguh menambah wawasan saya. Saya mulai berkeinginan untuk tetap menulis dan membaca meski hasilnya jauh dari sempurna. Menulis itu adalah kegiatan yang sangat penting, karena jika kita tidak penah menulis, kita akan tenggelam dalam sejarah.


2 comments: