Powered By Blogger

Thursday, July 2, 2020

Resume Kuliah Online Rabu, 1 Juli 2020

Resume Kuliah Online

Rabu, 1 Juli 2020

Mahayu Solina Yuda

  

            Memasuki pertemuan kuliah online ke – 14, tema di Kelas Belajar Menulis semakin menarik, Tema yang diambil pada malam hari ini adalah Freewriting, dengan narasumber Bapak Firman Suwarya. Seorang guru TIK di SMP Unggulan Sindang Indramayu. Selain sebagai guru, beliaun juga aktif menulis buku informatika untuk jenjang SMP. Sungguh menginspirasi!

            Materi yang beliau bawakan adalah tentang Freewriting. Apa itu Freewriting? Menurut Bapak Firman, freewriting adalah teknis menulis cepat tanpa hambatan. Terkadang, dalam menulis, kita sering mengalami hambatan berupa takut salah, kehabisan ide, dan lain – lain. Nah, dalam freewriting, kita menulis dengan cepat begitu ide muncul di pikiran kita. Harus, saya akui, saya sering melupakan ide yang muncul jika tidak langsung saya tulis. Jadi ini sangat relevan dengan situasi saya.Menurut Bapak Firman, itu adalah penyakit yang diderita hampir semua penulis, baik baru maupun handal.  Menulis itu adalah kegiatan yang membutuhkan waktu dan ide. Tidak mudah. Jadi seorang penulis menurut saya sangat perlu melakukan freewriting. Sebab, jika tidak, ide – ide kita akan menguap begitu saja, dan malah tidak ada karya yang dihasilkan. Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Ada hal – hal yang bisa kita lakukan, diantara lain:

1. Segera menulis begitu ide muncul di pikiran. Dimanapun, dan kapanpun.

2. Lupakan ide yang sudah dilupakan.

3. Selalu sediakan waktu untuk menulis, bukan hanya meluangkan waktu.

4. Menulislah secara konsisten dan kontinu.

5. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, menulislah apa yang ada di dalam hati dan pikiran.

            Kesimpulan yang didapat dari kuliah online hari ini adalah: Rasa bosan, kehabisan ide, dan malas adalah penyakit yang bisa menghalangi kita untuk berkarya. Dan itu diderita hampir semua orang, termasuk penulis. Tapi jika kita punya tekad untuk terus berkarya, maka kita harus mengatasi halangan tersebut. Jadi, mari terus menulis sampai kita mampu menghasilkan buku yang menginspirasi!

             


5 comments:

  1. Mantap bu...Menulis apa yang ada didalam hati dan pikiran

    ReplyDelete
  2. Mantul..semoga ya..tulisan kita bisa menghasilkan tulisan yg baik... Salam literasi

    ReplyDelete
  3. Tegap istiqomah menulisnya seperti pesan Om Jay ( Bu sri)

    ReplyDelete