Powered By Blogger

Sunday, July 12, 2020

Resume Kuliah Online Jum’at, 10 Juli 2020

Resume Kuliah Online

Jum’at, 10 Juli 2020

Mahayu Solina Yuda

 

            Tema kuliah online ke – 18 kali ini adalah “Strategi Pemasaran Penerbit di Masa Pandemi Covid – 19”. Narasumber malam hari ini adalah Bapak Agus Subardana. Beliau adalah Direktur Pemasaran Penerbit ANDI.

            Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan dampak dari pandemic Covid – 19 pada dunia penerbitan buku, diantaranya:

1.      Jaringan toko buku di seluruh Indonesia tutup selama 4 bulan.

2.      Banyak orang tidak berani datang ke toko buku mengingat mereka harus menjauhi keramaian.

3.      Penurunan omzet hingga mencapai 70% - 80%

4.      Banyak penerbit yang berhenti distribusi ke took buku dan akhirnya bangkrut.

 Sebagai contoh, grafik kunjungan ke took buku Gramedia mengalami penurunan yang sangat tajam, meski di awal bulan Juli, grafik pengunjung mengalami kenaikan. Tentunya pengunjung wajib mematuhi protocol kesehatan selama berkunjung.

            Perubahan ini, membuat kita wajib beradaptasi dengan situasi yang ada. Termasuk beradaptasi dalam pemasaran buku. Salah satu cara yang bisa kita lakukan jika ingin menerbitkan buku adalah dengan merapkan digital marketing. Kenapa kita harus menggunakan digital marketing? Berikut adalah alasannya:

1.      Sangat efektif bagi pemasaran buku dan membantu meningkatkan penjualan

2.      Harus tetap berhubungan dengan pelanggan buku

3.      Pastikan buku kita jual mudah ditemukan dionline baik diwebsite kita atau marketplace yang kita hubungi

4.      Membangun hubungan ke reseller untuk menjadi team pemasan buku

5.      Memasarkan lewat media sosial seperti: wa, youtube, ig, fb

6.      Dimasa pandemi ini kita harus bisa tampil yang pertama dan yang terdepan serta tepat sasaran sesuai kategori pasar yang kita bidik dan harus punya team yang mengerti pemasaran lewat digital marketing ini

7.      Pemasaran lewat komunitas grup sesuai produk

8.      Mengadakan penawaran promo khusus

9.      Mengadakan webinar via zoom,wa,livestreaming

10.    Menjadi brand yang tanggap situasi dalam menumbuhkan empati atau cepat dalam merespon dan mengirim setelah transaksi carikan informasi buku yang sesuai keinginan konsumen yang telah menghubungi dan kalau ada komplen harus cepat memberikan solusi yang jelas dan apa adanya.

11.   Menggunakan sistem mobile marketing

12.  Menggunakan email marketing

13.  Personalis marketing (menargetkan penjualan perosnal)

14.  Continue marketing (berkelanjutan/ mensyaratkan terus menerus)

15.  Harus terintegrited digital marketing yang satu dengan yang lainnya agar terkoneksi antar media sosial yang satu dengan yang lainnya.

16.  Konten marketing yang menarik

17.  Visual marketing atau gambar visual yang sangat memberikan manfaat kepad konsumen

18.  Google edward (PPC/SIO)  untuk meningkatkan perporma marketing. Sarana berbayar tapi potensi ritemnya besar

19.  Adanya potensi penjualan buku untuk sekolah terkait dana bos

 

Bapak Agus juga menceritakan proses penerbitan buku, Pertama, dipilih judul yang sesuai dengan pangsa pasar yang tinggi, mulai dari peringkat 1 sampai 10. Sebab buku dengan peringkat 1 – 10 merupakan buku yang paling diminati pasar.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pertemuan kali ini adalah, jadilah penulis yang selalu kreatif dan peka terhadap apa yang dibutuhkan pembaca. Kita juga harus berpikiran terbuka dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Termasuk melakukan digital marketing. Jika kita mampu melakukan hal tersebut, maka karya kita tetap akan bisa dinikmati pembaca dan kita juga pasti akan mendapat kepuasan batin sebagai seorang penulis.


1 comment: