Resume Kuliah Online
Jum’at, 10 Juli 2020
Mahayu Solina Yuda
Tema kuliah online ke – 18 kali ini adalah “Strategi
Pemasaran Penerbit di Masa Pandemi Covid – 19”. Narasumber malam hari ini
adalah Bapak Agus Subardana. Beliau adalah Direktur Pemasaran Penerbit ANDI.
Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan dampak dari pandemic
Covid – 19 pada dunia penerbitan buku, diantaranya:
1. Jaringan
toko buku di seluruh Indonesia tutup selama 4 bulan.
2. Banyak
orang tidak berani datang ke toko buku mengingat mereka harus menjauhi
keramaian.
3. Penurunan
omzet hingga mencapai 70% - 80%
4. Banyak
penerbit yang berhenti distribusi ke took buku dan akhirnya bangkrut.
Sebagai contoh, grafik kunjungan ke took buku
Gramedia mengalami penurunan yang sangat tajam, meski di awal bulan Juli, grafik
pengunjung mengalami kenaikan. Tentunya pengunjung wajib mematuhi protocol kesehatan
selama berkunjung.
Perubahan ini, membuat kita wajib beradaptasi dengan
situasi yang ada. Termasuk beradaptasi dalam pemasaran buku. Salah satu cara
yang bisa kita lakukan jika ingin menerbitkan buku adalah dengan merapkan digital marketing. Kenapa kita harus
menggunakan digital marketing?
Berikut adalah alasannya:
1. Sangat efektif bagi
pemasaran buku dan membantu meningkatkan penjualan
2. Harus tetap
berhubungan dengan pelanggan buku
3. Pastikan buku kita
jual mudah ditemukan dionline baik diwebsite kita atau marketplace
yang kita hubungi
4. Membangun
hubungan ke reseller untuk menjadi team pemasan buku
5. Memasarkan lewat
media sosial seperti: wa, youtube, ig, fb
6. Dimasa pandemi ini
kita harus bisa tampil yang pertama dan yang terdepan serta tepat sasaran
sesuai kategori pasar yang kita bidik dan harus punya team yang mengerti
pemasaran lewat digital marketing ini
7. Pemasaran lewat
komunitas grup sesuai produk
8. Mengadakan
penawaran promo khusus
9. Mengadakan webinar
via zoom,wa,livestreaming
10. Menjadi
brand yang tanggap situasi dalam menumbuhkan empati atau cepat dalam merespon
dan mengirim setelah transaksi carikan informasi buku yang sesuai keinginan konsumen
yang telah menghubungi dan kalau ada komplen harus cepat memberikan solusi yang
jelas dan apa adanya.
11. Menggunakan sistem mobile marketing
12. Menggunakan email marketing
13. Personalis marketing (menargetkan
penjualan perosnal)
14. Continue marketing (berkelanjutan/
mensyaratkan terus menerus)
15. Harus terintegrited digital marketing yang
satu dengan yang lainnya agar terkoneksi antar media sosial yang satu dengan
yang lainnya.
16. Konten marketing yang menarik
17. Visual marketing atau gambar visual yang
sangat memberikan manfaat kepad konsumen
18. Google edward (PPC/SIO) untuk
meningkatkan perporma marketing. Sarana berbayar tapi potensi ritemnya besar
19. Adanya potensi penjualan buku untuk
sekolah terkait dana bos
Bapak
Agus juga menceritakan proses penerbitan buku, Pertama, dipilih judul yang
sesuai dengan pangsa pasar yang tinggi, mulai dari peringkat 1 sampai 10. Sebab
buku dengan peringkat 1 – 10 merupakan buku yang paling diminati pasar.
Kesimpulan
yang dapat ditarik dari pertemuan kali ini adalah, jadilah penulis yang selalu
kreatif dan peka terhadap apa yang dibutuhkan pembaca. Kita juga harus
berpikiran terbuka dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi
dalam kehidupan. Termasuk melakukan digital
marketing. Jika kita mampu melakukan hal tersebut, maka karya kita tetap
akan bisa dinikmati pembaca dan kita juga pasti akan mendapat kepuasan batin
sebagai seorang penulis.
Resumenya rapi bu🥰
ReplyDelete