Powered By Blogger

Thursday, July 9, 2020

Resume Kuliah Online Rabu , 8 Juli 2020

Resume Kuliah Online

Rabu , 8 Juli 2020

Mahayu Solina Yuda

 

            Semakin lama, tema yang diambil di kuliah online kali ini semakin menarik. Mala mini, temanya adalah “Bagaimana Menerbitkan Buku”. Sesuatu yang penting untuk diketahui oleh calon – calon penulis hebat. Materi kali ini dibawakan oleh Bapak Joko Irawan Mumpuni. Beliau adalah Direktur Penerbitan Penerbit Andi, Ketua I IKAPI DIY, penulis yang bersertifikat BNSP, dan assessor BNSP. Luar biasa, bukan?

            Dalam kuliahnya, beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang akademisi, ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh jika menerbitkan buku. Bisa untuk nirlaba/pengabdian, promosi diri, dan juga untuk kebutuhan kenaikan pangkat. Jika digambar, maka seperti inilah kira – kira tingkatan seorang penulis:

Jujur, saya sedang berusaha untuk mencapai posisi atas. Dan Bapak Joko mengatakan bahwa, setiap guru yang mengikuti kelas ini pastilah ada di posisi atas, karena dalam kegiatan ini, kita menulis sampai tulisan kita ini diterbitkan. Sungguh suatu pencapaian yang luar biasa jika tetap konsisten menulis. Bukan hanya dalam kegiatan ini tapi juga untuk seterusnya.

            Bapak Joko juga berbicara mengenai Ekosistem Industri Buku, industri yang merujuk pada sisi ekonomi penerbitan buku. Karena muara dari penerbitan suatu buku adalah keuntungan, maka penerbit tentu sangat selektif menerima tulisan untuk diterbitkan menjadi buku. Ada 4 komponen ekosistem penerbitan, yaitu:

1. Penulis, selaku pelaku industri

2. Penerbit, selaku pelaku industri

3. Penyalur, selaku pelaku industri, dan

4.  Pembaca, selaku pasar atau pembeli.

            Berbicara mengenai buku, tentu tidak terlepas dari literasi. Fakta menyedihkan di Indonesia adalah, literasi Indonesia jauh tertinggal dari negara – negara lain. Kenapa bisa sampai demikian, berikut adalah alasannya:

Selanjutnya, beliau juga menceritakan tentang bagaimana proses sebuah naskah bisa diterbitkan menjadi buku. Berikut adalah prosesnya:

Proses yang sangat tidak sederhana bukan? Karena itulah, kita selayaknya mengapresiasi penulis yang telah berhasil berkarya, meski itu adalah karya yang sederhana. Dan jika kita berniat menerbitkan buku, Bapak Joko memberi kita tips untuk mencari penerbit yang baik sebagai berikut:

Bukan itu saja, Bapak Joko juga memberi kita insight mengenai naskah yang bisa diserahkan ke  penerbit:

Nah, setelah mengetahui hal tersebut, tentu kita bisa memperkirakan, tema apa saja yang menarik untuk dijadikan buku sehingga karya kita bisa menarik pembaca. Lalu, setelah menerbitkan buku, apa yang diperoleh penulis? Berikut gambarannya:

Apa kesimpulan dari pertemuan malam hari ini? Menerbitkan buku adalah suatu proses yang panjang dan membutuhkan kesabaran serta ketekunan. Juga di dalamnya ada tantangan yang tidak ringan namun harus dihadapi. Janganlah putus asa dan menyerah, selalu sabar dan tekun menulis pasti akan membuahkan karya yang tanpa kita sadari, akan membawa perubahan.


4 comments: